Pages

Subscribe:

Rabu, 04 Januari 2012

STRATIFIKASI SOSIAL

STRATIFIKASI SOSIAL
  1. Pengertian Stratifikasi Sosial
Dalam masyarakat manapun bisa kita temui berbagai golongan masyarakat yang pada praktiknya terdapat pebedaan tingkat antara golongan satu dengan golongan yang lainnya. Adanya golongan yang berlapis-lapis ini mengakibatkan terjadinya srtatifikasi sosial. Oleh karena itu dalam ilmu sosiologi dibahas mengenai lapisan-lapisan masyarakat atau yang biasa disebut dengan stratifikasi sosial.[1]
Susunan berlapis-lapisan dalam masyarakat, dalam ilmu sosiologi disebut dengan “social stratification” atau stratifikasi Sosial. Kata Stratification berasal dari kata “Stratum”, jamaknya Strata yang berarti “lapisan atau berlapis-lapis”.[2] Pitirim A. Sorokin menyatakan bahwa Social stratification adalah pembedaan penduduk kedalam kelas-kelas secara bertingkat (secara hierarkhis). Perwujudannya adalah adanya kelas-kelas tinggi dan kelas-kelas yang lebih rendah. Menurut Sorokin, dasar dan inti dari lapasan-lapisan dalam masyarakat adalah tidak adanya keseimbangan dalam pembagian hak-hak dan kewajiban-kewajiban, dan tanggung-jawab nilai-nilai sosial dan pengaruhnya diantara anggota masyarakat.[3]
Menurut Drs. J. B. Mayor menyebutkan bahwa Stratifikasi Sosial adalah sejumlah orang-orang yang statusnya sama menurut penilaian sosial dinamakan suatu ”lapisan” atau stratum, dan gejala bahwasnnya masyarakat tergolong menurut strata disebutnya Stratifikasi. Masyarakat yang berstratifikasi serimg dikiaskan dengan gambar sebuah limas yang berlapisan, karena lapisan bawahan adalah lapisan lebar dan lapisan menjadi lebih sempit keatas. (di sadur dari buku ”stratifikasi sosial” karangan Suharto yang diterbitkan oleh bagian penerbitan Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta hal.3).

P.J. Bouman menggunakan istilah tingkatan atau dalam bahasa belanda disebut stand, yaitu golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa tertentu dan menurut gengsi kemasyarakatan. Istilah stand juga dipakai oleh Max Weber.
Dalam kamus ilmiah populer kata ”stratifikasi” berarti letak berlapis-lapis; hal menyusun secara bertingkat atau berlapis, lapisan; klasifikasi masyarakat berdasarkan kedudukan tingkat sosial.


[1] Dr. Ravik Karsidi. Sosiologi Pendidikan. UNS press. Hal.175
[2] Suharto. Stratifikasi Sosial. Fak Tarbiyah IAIN SUKA Jogjakarta. p. 1
[3] Soerjono Soekanto. Sosiologi suatu pengantar. Rajawali ; PT. Grafindo Persada, Jakarta, 1985. p.220

0 komentar:

Posting Komentar