Pages

Subscribe:

Rabu, 04 Januari 2012

SERTIFIKASI GURU

PENDIDIKAN INDONESIA DAN PROBLEMATIKANYA

A.     Kualitas Pendidikan di Indonesia
Kualitas pendidikan di Indonesia dianggap mesih rendah dianggap oleh banyak kalangan. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator:
1.      Lulusan dari sekolah maupun  Perguruan Tinggi yang belum siap memasuki dunia kerja karena minimnya kompetensi yang dimilikinya. Dikatakan demikian karena yang dipelajari di lembaga pendidikan seringkali berpaku pada teori sehingga peserta didik kurang kreatif dan inovatif.
2.      Peringkat Human Development Index (HDI) Indonesia masih rendah
3.      Laporan International Educational Achievement (IEA) bahwa kemampuan membaca siswa SD rendah.
4.      Mutu akademik antarbangsa juga masih rendah
5.      Daya saing SDM tertinggal
6.      Posisi Perguruan Tinggi di Indonesia yang dianggap favorit
7.      Ketertinggalan bangsa Indonesia dari IPTEK dibandingkan negara tetangga.
Peningkatan mutu  pemeratan pendidikan dapat diperoleh melalui program dan kebijakan:
1.      Meningkatkan pelaksanaan wajib belajar 9 tahun yag bermutu
2.      Memberikan akses yang lebih besar kepada kelompok masyarakat yang selama ini kurang terjangkau oleh layanan pendidikan, seperti masy. Yang tinggal di daerah terpencil.
3.      Meningkatkan penyediaan pendidikan ketrampilan dan kewirausahaan atau pendidikan nonformal yang bermutu
4.      Meningkatkan penyediaan dan pemerataan sarana prasarana pendidikan
5.      Meningkatkan kualifikasi, kompetensi dan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan.
6.      Meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik dan kependidikan
7.      Menyempurnakan manageen pendidikan dan meningkatkan partisipasi dalam proses perbaikan mutu pendidikan
8.      Meningkatkan kualitas kurikulum dan pelaksanaan yang bertujuan membentuk karakter dan kecakapan hidup. Sehingga peserta didik mampu memecahkan berbagai masalah kehidupan secara kretif dan menjadi manusia yang inovatif serta produktif.

Surya berpendapat bahwa profesionalme guru mempunyai makna penting, yaitu:
1.      Profesionalisme memberikan jaminan perlindungan kepada kesejahteraan masy. Umum
2.      Profesionalisme guru merupakan suatu cara untuk memperbaiki profesi pendidikan yang selama ini dianggap oleh sebagian masyarakat rendah
3.      Profesionalisme memberikan kemungkinan perbaikan dan pengembangan diri yang memungkinkan guru dapat memberikan pelayanan sebaik mungkin dan memaksimalkan kompetensinya.
Kualitas profesionalisme gru ditunjukan oleh 5 sikap:
1.      Keinginan untuk selalu menampilkan perilaku yang mendekati standar ideal
2.      Meningkatkan n memelihara citra profesi
3.      Keinginan utk senantiasa mengejar kesempatan pengembangan profesional yang dapat meningkatkan dan memperbaiki kualitas pengetahuan dan keterampilannya
4.      Mengejar kualitas dan mengejar cita2 dlm profesi
5.      Memiliki kbanggaan thd profesinya
Guru profesional adl guru yg mengenal dirinya. Yi: dirinya adl pribadi yg dipanggl utu mendmpingi pesdik u/ bljr. Guru dituntut u/ terus mncr thu bgm sehrsny pesdik it bljar.
-          Mk apbla ada kega2ln pesdik, gru terpanggl u/ mnemkan pnyebbnya n mncari jln kluar brsma pesdik bkn mendiamknnya ataw mlh menylhkanny.
Dengn pngembangn gru sbg profesi dharapkn mmpu:
a.       Mmbentuk, mmbangun, n mengelola gru yg mmeliki hrkat n mrtabt yg tinggi dtngah masy.
b.      Mningktkn khidupn gru yg sejhtra
c.       Mningktkn mtu pmbeljrn yg mmpu mndkung trwjudny lu2san yg kmpeten n terstndar dlm krangka pencpaian visi, misi n tjuan pend. Nasionl pd msa mndatang
Persyartan minmal gru yg profesionl:
-          Mmpnyai kualifikasi pend. Profesi yg memadai (mngjar sesuai dg klulusanya)
-          Mmpnyai kmpetensi keilmuwan sesuai dg bidang yg ditekuniny, (mengjr sesuai dg bidangnya)
-          Mmpnyai kemmpuan berkomunkasi yg baik dg ank di2kny
-          Mmpnyai jiwa kreatif n produktf, produktif=mencptakn ank di2k yg berkompeten
-          Mmpnyai etos krja n kmitmen tinggi thd profesiny
-          Sellu mlkukm pengembngan dri terus mnerus, mel orgnisasi profesi, internt, bku, sminr, dll.
Skap/sfat gru yg baik:
1.      Adil
2.      Percya n ska pd murid2ny
3.      Sbar n rela berkrban
4.      Berwibwa dhadapn pesdik
5.      Penggembra
6.      Berskap baik
7.      Menguasai materi peljaran
8.      Berpngetahuan luas
Kmampuan profesionl gru meliputi:
-          Merancang n mrencnakn progrm pmbljaran
-          Mngembngkn progrm pembljran
-          Mngelola plaksanaan prgram pembljran
-          Menilai proses n hsil pmbeljran
-          Mendiagnosis fktor yg mmpengaruhi kberhsiln proses pmbelajran
Guru yg baik adl gru yg:
-          Waspda scr prfesionl= brusha mjdikn masy. Skul mjd t4 yg pling baik bg ank2 muda
-          Yakin akn nilai/manfaat pkerjaannya= brusha mmperbaiki n mningktkn mtu pkerjaanny
-          Tdk mudah tersinggung o/ lrangan2 thd hub.ny dg kbebasan pribdi yg dikemukakan o/ bbrapa org u/ mnggmbrkan profesi kegruan
-          Mmpnyai seni dlm hub.2 mnusiawi yg dperolhny dr pngmatanny ttg bkerj psikologi, biologi, n antropologi kultural ddlm kls.
-          Berkeinginn gar trus tumbuh= sdar bhwa dibwah pngaruhnya smber2 mnusia dpt brubh nsibny.
Guru yg disenangi siswa2ny:
1.      Demokratis= gru yg mmberikn kebbasan kpd ank dsmping pmbatsan2 ttt, tdk otoriter, n mmberikn ksemptan kpd sswa u/ berpran serta dlm keg.
2.      Kooperatis (ska bekrja sama)= gru yg berskap sling mmberi saling menrima serta dilndasi o/ kkeluargaan n tleransi yg tinggi
3.      Baik hti= ska mmberi n berkorbn u/ kpentingn ank di2kny
4.      Sbar= gru yg tdk ska mrah n mdah tersinggung serta ska mnahan dri.
5.      Adil= tdk mmbeda2kn ank di2k n mmberi anak di2k kesmptan yg sama bg semuany
6.      Konsisten= perbuatan sesuai dg prkataan
7.      Bersfat terbka= mersedia merima krtik n sran serta mngakui kelmahanny
8.      Sk menolong= mmbantu anak di2k saat mngalmi ksulitan
9.      Ramah tamah= mdah bergaul dsenangi smua org, tdk smbong
10.  Ska humor= pandai mmbwad anak2 mjg gmbira
11.  Menguasai materi
12.  Fleksible= tdk kku dlm berskap n berbwd srta pandai mnysuaikn dri dg lingkunganny
-          Sertifikasi profesi gru adl proes utk mmberikn sertfkat kpd guru yg tlh mmnuhi standar kualifkasi n standar kmpetensi.
-          Sertfkasi dlkukn olh PT pnyelenggaraan pngadaan tnga kpendidikn yg terakreditsi n dtetapkn o/ pmerntah
-          Keg. Sertfiksi profesi gru mliputi peningktan kualifikasi n uji kmpetensi. Uji kmpetesi dlkukn mel. Tes tertulis utk menguji kmpetensi profesional n pedagogik n penilaian kinerja utk mengji kmpetensi sosial n kepribadian.
-          Sertfkasi gru sbg upya pningktan mtu gru dibarengi dg peningktn kesejhteraan gru shg dharapkn dpt mningktkn mutu pend. d idnesia scr berkelanjutn
-          Bntuk peningktan ksejahteraan gru brupa tunjngan profesi sebsar 1x gji pokok bg gru yg mmiliki sertfikasi pendidik.
Sertfkasi gru bertjuan u/:
1.      Mnentkn kelyakn gru dlm mlksankn tgas sbg agen pembljran n mwjudkn tujuan pend.nasional
2.      Peningktan proses n mtu hsil2 pendidikn nasionl
3.      Pningktan profesionalisme gru
Manfaat sertfkasi guru adl:
1.      Mlindungi profesi guru dr praktek2 yg tdk kmpeten, yg dat mrsak citra profesi gru
2.      Mlindungi masy. Dr praktik2 pendidikn yg tdk berkualifikasi n tdk profesional
Srtifiksi gru brbentuk uji kmpetensi, yg ada 2 thap:
-          Tes tertulis: mteri tes tulis mncakup komptnsi pedagogik n kompetensi profesionl
-          Tes kinerja: berbntuk penilaian krja gru dlm mngelola pembljran yg mncakup ke-4 kmpetensi scr terintegrasi. Tes kinerja dibarengi dg portofolio. Portofolio: penilaian thd keg.n prestsi gru dskolh, dlm keg. Profesionl ato d msyrakt, spanjang relevan dg tgasny sbg gru, dharapkn penilaian kmprtensi gru dlkukn scr komprehensif
Srtfikasi gru mrupkn keg.brsama antra ditjen PMPTK/ dnas pendkkn provnsi/kabupten/kota sbg pengelola gru n ditjen dikti/pergruan tinggi sbg penyelenggaraan sertfikasi.

Pertimbangn yg dgunkan u/ mnyusun urutn dftr calon pserta srtfikasi gru antra lain:
1.      Pnguasaan thd kmpetensi
2.      Prestsi yg dcapai, msal: gru teldan, gru berprestsi
3.      Dftar urt kepangktan
4.      Masa kerja
5.      Usia
Syarat srtfkat pend. bg gru adl:
-          Mmnuhi standar kualifiksi akademk (S1 ato D4 n yg relevan)
-          Mnguasai standr kmpetensi yg dbuktkan dg lu2s uji kompetensi yg diselenggarakn olh prguruan tnggi penylenggara pengadaan tnaga kependdikn yg terakreditsi n dtetapkn o/ pmernth
Bagi guru yg berkepnddikan D3 ke bwah terlbih dhulu hrus dtingktkn kualifksi penddkan shg miniml D4 ato S1.

@ Sertifkasi gru ada 2 jalur, yakni:
1.      Sertfksi gru prajbatan. Gru prajbatn adl lu2san S1 ato D4 lmbaga penddkn tnaga kependdkan (lptk) atao non-lptk yg bermnat n ingn mjd gru dmn merka blum mngajr pd satuan penddk. Sertfiksi gru prajbatn dlksnakn mel penddkn profesi di lptk.
2.      Gru dlm jbatan adl: gru PNS n non- PNS yg sdh mngjar pd satuan pendidik. Sertfkasi gru dlm jbtan dlksanakn mel uji kompetensi, yakni dlaksnakn dlm bnuk portofolio yg merpakan pengakuan ats pngalman profesionl gru dlm bntuk pnilaian thd kmpulan dokumen yg mncerminkn kmpetensi gru.





0 komentar:

Posting Komentar